Bits, Frames, Packets, Segment


Bit, frame, packet, segment dan data dalam osi merupakan PDU yang terletak disetiap layernya. PDU pada masing-masing layer merupakan pesan lengkap yang mengimplementasikan protokol pada layer tersebut.

Bit

Bit adalah kependekan dari “Binary Digit“, yang berarti digit biner. Binary digit adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital. Istilah “binary digit” atau “bit” diperkenalkan oleh John Tukey di tahun 1947, saat itu ia bekerja sebagai seorang ilmuwan di Bell Laboratories.
Komputer tidak menggunakan angka desimal untuk menyimpan data. Semua data komputer disimpan dalam angka-angka biner. Hanya 2 nilai berbeda yang bisa dinyatakan satu bit, entah nilai 0 atau nilai 1. Dalam telekomunikasi digital juga demikian, semua level tegangan diubah menjadi bentuk data biner.
Bit sendiri memiliki hubungan dengan Physical Layer pada OSI,  Physical ini berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah Ethernet, FDDI (Fiber Distributed Data Interface), ISDI, dan ATM.

Frame

Frame dalam OSI  terdapat pada Data Link Layer, merupakan elemen kunci dari masing-masing protokol didalam lapisan data link. Data link layer protokol memerlukan kontrol berupa informasi (informasi kontrol) untuk memungkinkan protokol berfungsi.
Data link layer frame meliputi:
  1. Header: Berisi informasi kontrol, seperti pemberian alamat (addressing), dan terletak di awal PDU.
  2. Data: Berisi IP header, transport layer header, dan data aplikasi.
  3. Trailer: Berisi informasi kontrol untuk mendeteksi kesalahan ditambahkan diakhir dari PDU.
Ketika data berjalan melalui media, data tersebut diubah menjadi aliran bit, atau 1 dan 0. Jika node menerima aliran panjang bit.Framing memecah aliran tersebut menjadi kelompok-kelompok kecil yang dapat diuraikan, dengan informasi kontrol yang dimasukkan dalam header dan trailer sebagai nilai-nilai dalam tempat yang berbeda. Format ini memberikan sinyal fisik berupa struktur yang dapat diterima oleh node dan diterjemahkan ke dalam paket-paket di tempat tujuan. Tipe-tipe Genrick frame termasuk:
  1. Frame start and stop indicator flags: Digunakan oleh sublayer MAC untuk mengidentifikasi awal dan akhir batas frame.
  2. Addressing: Digunakan oleh sublayer MAC untuk mengidentifikasi sumber dan tujuan node.
  3. Type: Digunakan oleh LLC untuk mengidentifikasi protokol Layer 3.
  4. Control: Mengidentifikasi layanan kontrol aliran khusus.
  5. Data: Berisi frame payload (yaitu, paket header, segmen header, dan data).
  6. Error Detection: Dimasukkan setelah data untuk membentuk trailer, bidang bingkai ini digunakan untuk mendeteksi kesalahan.

Packet

Packet adalah satuan informasi dasar yang dapat ditransmisikan di atas jaringan atau melalui saluran komunikasi digital. Packet sangat berkaitan dengan Network Layer pada OSI, Network layer  berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.
Sebuah paket berisi packet header yang berisi informasi mengenai protokol tersebut (informasi mengenai jenis, sumber, tujuan, atau informasi lainnya), data yang hendak ditransmisikan yang disebut dengan data payload, dan packet trailer yang bersifat opsional. Sebuah paket memiliki struktur logis yang dibentuk oleh protokol yang digunakannya. Ukuran setiap paket juga dapat bervariasi, tergantung struktur yang dibentuk oleh arsitektur jaringan yang digunakan. Paket jaringan juga dapat disebut datagram, frame, atau cell.
Jika dilihat dari perspektif model tujuh lapis Open Systems Interconnection (OSI), istilah packet dan frame memiliki definisi yang jauh berbeda. Sebuah paket merupakan “amplop elektronik” yang mengandung informasi yang dibentuk pada lapisan 3 hingga lapisan 7 dari model tujuh lapis OSI tersebut; sementara sebuah frame adalah “amplop elektronik” yang mengandung informasi mengenai paket dan informasi lainnya dari semua lapisan dari tujuh lapisan OSI. Paket jaringan dibuat saat transmisi dilakukan, dengan menggunakan proses enkapsulasi.

Segment

Segment berhubungan dengan Transport Layer pada OSI yang memiliki fungsi berupa proses pengiriman. Transport Layer dalam OSI berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadap paket-paket yang hilang di tengah jalan.
Segment pada jaringan Jaringan berfungsi untuk mengetahui ‘kelompok’ (yang biasa disebut sebagai Network) dari suatu IP. Ini digunakan saat dibutuhkan suatu routing atau pengalihan data antar komputer, dimana perangkat (router atau komputernya) akan memeriksa apakah IP tujuan berada di ‘kelompok’/Network yang sama.
Apabila sama, maka pesan/data akan langsung kirim ke komputer tujuan tersebut, karena seharusnya komputer pengirim dan komputer tujuan ada didalam satu sambungan ‘kelompok’. Apabila ‘kelompok’-nya berbeda, maka pesan/data akan dikirimkan ke suatu pintu keluar (biasa dikenal sebagai Default Gateway atau Router) supaya kemudian diteruskan ke ‘kelompok’ tujuan.


0 Comment for "Bits, Frames, Packets, Segment"

Back To Top